oleh

Cegah Corona , Ratusan ASN di Tabalong Berjemur Pagi Massal

TABALONG, AMACOTV.COM– Gerakan melawan penyebaran virus Covid-19 terus dilakukan warga di mana-mana.Beragam cara pun dilakukan warga, mulai membuat hand sanitizer, cairan disinfektan hingga penyemprotan disinfektan secara mandiri dan massal. Yang terbaru di Tanjung, Tabalong, Kalimantan Selatan, ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN)dan warga melakukan gerakan berjemur di bawah sinar sinar matahari pagi. Kamis pagi ( 26/03/2020) ASN dan warga pun berjemur di bawah sinar matahari pagi guna melawan penyebaran virus Corona (Covid-19) selama 15 menit dengan rentang wakktu pukul 10.00 hingga 12.00 waktu setempat. a
Hampir di sejumlah instansi maupun perkantoran, termasuk pemukiman, warga beramai-ramai melakukan aksi berjemur di pagi hari. Mulai dengan berdiri di kantor dengan pakaian rapi, sampai santai dengan duduk-duduk di lapangan terbuka. Seperti yang dilakukan guru-guru SMPN 8 Muara Uya, Tanjung. Sembari berdoa bersama, para guru ini memilih berdiri bersama dengan membagi jarak sesuai anjuran pemerintah, begitu sirine berbunyi nyaring dari Kantor Bupati Tabalong. Para guru sendiri berharap berjemur ini memberikan manfaat kesehatan bagi mereka sehingga tubuh menjadi sehat dan segar.
“ Sejak pukul 10.00 Wita, kami melakukan Gerakan Berjemur di bawah sinar matahari. Berjemur ini salah satu bentuk ikhtiar untuk meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh terhadap serangan virus penyakit, termasuk Covid-19. Semoga para pendidik sehat semua, dan terhindar dari wabah ini,” ucap Endang Karsutiono, S.Pd, Kepala Sekolah SMPN 8 Muara Uya, Tanjung,kepada Detik.Com disela-sela pelaksanaan berjemur massal di pagi hari.
Tak hanya tenaga pendidik, karyawan swasta dan perusahaan di kawasan Tabalong pun ikut berpartisipasi melakukan berjemur di bawah sinar matahari langsung pada pagi hari. Mereka pun sambil bersenda gurau melakukan ritual menjemurkan badan selama limabelas menit. Selain untuk menjaga imun tubuh untuk menangkal Corona, mereka berkeyakinan berjemur terbukti bisa menguatkan tulang karena memberi asupan vitamin D3. Apalagi cahaya matahari yang terbaik adalah yang menyinari tubuh secara langsung, bukan yang sekadar membuat Anda berkeringat.
“ Alhamdulillah, secara tidak langsung kita juga melakukan terapi sehat bagi tubuh kita. Bukan sekedar tren saja untuk mendapatkan kulit yang eksotis, namun semata-mata ada manfaat lain menguatkan tulang karena memberi asupan vitamin D3. Sehingga terus memberi motivasi semangat bagi kita, untuk bersama-sama melawan Corona,” kata Kadarisman, mahasiswa pascasarja yang juga salah satu karyawan perusahaan di Tanjung.

Sehari sebelumnya Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani mengimbau warganya untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi guna melawan penyebaran virus Corona (Covid-19) selama 15 menit dari pukul 10.00 hingga 12.00 waktu setempat.
“ Hari Rabu Gerakan Berjemur Pukul 10.00 Wita, diharapkan pada pukul 10.00 Wita masing-masing kantor dan tempat ibadah secara serentak membunyikan alarm atau sirine,” tulis Anang Syakhfiani dalam surat edaran yang dishare melalui grup WA wartawan.
Dalam surat edaran tersebut, Bupati memberikan keyakinan penuh, dengan berjemur selama 15 menit di bawah sinar matahari pagi merupakan salah satu bentuk ikhtiar untuk meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh terhadap serangan virus penyakit, termasuk Covid-19. Mengingat pada waktu-waktu tersebut matahari memancarkan sinar ultar violet dalam kadar tertentu yang baik untuk kesehatan tubuh.Gerakan ini pun langsung disambut antusias warga dan ASN, yang menjadikan Rabu pagi menjadi pagi berjemur massal. ( Muhammad Risanta )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *