oleh

Melawan Corona Warga Banjarmasin Penyemprotan Disinfektan Secara Mandiri

BANJARMASIN, AMACOTV.COM– Di tengah wabah virus corona yang melanda dunia, termasuk Indonesia saat ini, beragam cara pun dilakukan masyarakat untuk untuk melakukan perlindungan diri dan pencegahan agar tak tertular virus corona. Salah satunya dengan cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan tempat tinggal. Upaya mandiri pun dilakukan dengan mensterilkan lingkungan rumahnya, termasuk membersihkan berbagai perabotan rumah tangga atau lokasi yang kerap diakses seluruh penghuni rumah dengan disinfektan. sebelumnya masyarakat antusias membuat hand sanitizer sendiri, namun belakangan kini mulai marak pula membuat disinfektan dan melakukan penyemprotan secara mandiri.

Penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) dilakukan secara mandiri oleh sejumlah masyarakat di Banjarmasin, salah satunya adalah di Komplek Sultan Adam Banjarmasin, Rabu (25/3/2020). Sejak Rabu pagi hingga siang, warga pun berkeliling komplek bergotong royong melakukan penyemprotan secara mandiri. Agar efisien dan tepat sasaran, selama proses penyemprotan mereka didampingi tim Tagana Kalsel, sehingga mengetahui tehnik penyemprotan dengan sempurna , yang menjamin tidak terkontamintasi bahan disinfektan.

“ Kami melakukan gerakan penyemprotan secara mandiri, sebagai upaya turut berpartispasi melakukan pencegahan penyebaran virus Copid-19, disamping mematuhi imbauan pemerintah tetap berdiam di rumah jika tidak ada keperluan mendesak. Ini pertama kali warga bisa memegang langsung alat penyemprotan (sprayer) beserta bahan disinfektan,” ujar H.Masruni, salah satu warga, yang ikut proses penyemprotan disinfektan secara mandiri, Rabu (25/03/2020).

Senada dengan itu, Jispan Simanjuntak, salah seorang menambahkan kegiatan penyemprotan disinfektan secara mandiri, sebagai langkah membantu pemerintah menciptakan lingkungan yang bersih dan terbebas dari penyebaran virus Covid-19. Hal ini merupakan kesadaran warga Banjarmasin untuk bersama-sama melawan Corona. Gerakan ini hampir sama dengan Gerakan Masyarakat Mandiri Cegah Covid-19 di Surabaya, namun murni dilakukan warga.
Komandan Tagana Kalimantan Selatan, Achmadi, mengapresiasi langkah yang ditempuh masyarakat dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Covid-Pihaknya pun langsung merespon cepat keinginan masyarakat dalam hal pendampingan untuk penyemprotan disinfektan.Bahkan Tagana Kalsel memberikan edukasi Cuma-Cuma bagi masyarakat untuk membuat disinfektan secara mandiri.

“ Kita tetap mengedukasi masyarakat untuk bisa mandiri, dengan membuat disinfektan buatan. Hal ini untuk menyiasati bahan baku alkohol dan peralatan lainnya yang mahal harganya , dan sangat langka di pasaran. Proses penyemprotan pun tetap kami berikan secara gratis kepada masyarakat.Mudahan ini bermanfaat”,kata Achmadi, yang memimpin Tim Tagana Kalsel keliling Banjarmasin membersihkan perkantoran, tempat ibadah dan pemukiman, Rabu (25/03/2020)

 

Risanta

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed